TINJAUAN HUKUM EKONOMI ISLAM DAN UNDANG�UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP JUAL BELI ONLINE ( Studi Kasus di Kota Bengkulu )

Hidayat, Rahmat (2022) TINJAUAN HUKUM EKONOMI ISLAM DAN UNDANG�UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP JUAL BELI ONLINE ( Studi Kasus di Kota Bengkulu ). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RAHMAD HIDAYAT.pdf

Download (6MB)

Abstract

Ada dua permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1) Bagaimana Praktik Pelaksanaan Perlindungan Konsumen terhadap konsumen yang berbelanja di Aplikasi Jual Beli Online di Kota Bengkulu, (2) Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Islam dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen terhadap konsumen yang berbelanja di Aplikasi Jual Beli Online di Kota Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk Mengetahui Praktik Pelaksanaan Perlindungan Konsumen terhadap konsumen yang berbelanja di Aplikasi Jual Beli Online di Kota Bengkulu dan Untuk Mengetahui Tinjauan Hukum Ekonomi Islam dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen terhadap konsumen yang berbelanja di Aplikasi Jual Beli Online di Kota Bengkulu. Metode Penelitian yang digunakan adalah normatif emperis dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian bahwa: (1) Berdasarkan temuan masalah diatas bahwa praktik pelaksanaan yang terjadi dilapangan dapat disimpulkan bahwa 7 dari 10 konsumen mengalami permasalahan dalam bertansaksi pre-order di ecommerce aplikasi Shopee, diantaranya pembatalan sepihak oleh Shopee, barang pesanan tidak sesuai dengan barang yang diterima, adanya kekeliruan yang dilakukan oleh penjual serta tidak adanya respon penjual atas komplain yang diberikan oleh pembeli dan penjual tidak bertanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan (2) Menurut Hukum Ekonomi Islam setiap jenis muamalah diperbolehkan hukumnya dengan syarat harus berpedoman dan sesuai pada syariat Islam. Sedangkan menurut Undang-Undang Perlindungan Konsumen ketentuan dalam UU No. 11/2008 yang mengatur bahwa terdapat perjanjian antara pelaku usaha dan konsumen dalam suatu transaksi jual beli dilakukan secara online. Karena apabila terjadi komplain dari ix pihak konsumen/pembeli pihak pelaku usaha harus bertanggung jawab atas komplain tersebut, apabila ada suatu tindakan yang merugikan pihak konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli Online, Konsumen, Perlindungan Konsumen
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:18
Last Modified: 03 Oct 2022 03:18
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10005

Actions (login required)

View Item View Item