PRAKTEK JUAL BELI HANDPHONE SECARA KREDIT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ( Studi Kasus Di Kelurahan Padang Rambun Kecamatan Seluma Selatan )

Rini, Rini (2022) PRAKTEK JUAL BELI HANDPHONE SECARA KREDIT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ( Studi Kasus Di Kelurahan Padang Rambun Kecamatan Seluma Selatan ). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
RINI RINI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ada dua permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1) Bagaimana sistem jual beli handphone secara kredit di kelurahan padang rambun kecamatan seluma selatan, (2) Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap jual beli handphone secara kredit di kelurahan padang rambun kecamatan seluma selatan. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui sistem jual beli handphone secara kredit di kelurahan padang rambun kecamatan seluma selatan dan untuk mengetahui tinjauan hukum islam terhadap jual beli handphone secara kredit di kelurahan padang rambun kecamatan seluma selatan. Metode Penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitataif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Informan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah pemilik toko dan pembeli. Jumlah informan yaitu 10 orang. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Sistem jual beli handphone secara kredit di Kelurahan Padang Rambun ialah pembeli datang langsung ke konter atau juga bisa pemesanan melalui telepon kepada pemilik toko untuk melakukan pembelian handphone, lalu pemilik konter langsung memesankan handphone tersebut kemudian baru disampaikan ke pembeli handphone. Pembayaran dalam jual beli tersebut dilakukan dengan cara pembayaran berangsur atau pencicilan yang dilakukan setiap bulannya. Pada waktu kesepakatan pembelian handphone penjual belum menetapkan harga handphone yang dipesan. Harga dari handphone tersebut dapat diketahui pembeli ketika handphone diterima oleh pembeli, berapapun harga yang ditetapkan penjual, pembeli harus setuju. (2) Dalam Tinjauan Hukum Islam bahwa praktik jual beli handphone secara kredit yang ada di Kelurahan Padang Rambun Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma belum sesuai dengan syariat islam, karena sudah memberatkan konsumen pada transaksinya. Walaupun sudah memenuhi syarat viii dan rukun dalam jual beli dari aturan-aturan Allah SWT, namun sistem jual beli handphone secara kredit di Kelurahan Padang Rambun merugikan pihak pembeli, karena tidak ada kejelasan harga di dalam transaksi jual-belinya, serta tidak boleh membatalkan pembelian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam, Jual Beli Secara Kredit, Handphone.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BM Judaism
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:19
Last Modified: 03 Oct 2022 03:19
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10013

Actions (login required)

View Item View Item