TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH DENGAN SISTEM PEMBAYARAN IURAN BEBAS BERJANGKA PADA GADAI LAPTOP DI KELURAHAN PAGAR DEWA KECAMATAN SELEBAR KOTA BENGKULU

Putri, Septri Sirwinda (2022) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH DENGAN SISTEM PEMBAYARAN IURAN BEBAS BERJANGKA PADA GADAI LAPTOP DI KELURAHAN PAGAR DEWA KECAMATAN SELEBAR KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SETRI_merged (4).pdf

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian empiris dengan judul “Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Dengan Sistem Pembayaran Iuran Bebas Berjangka Pada Gadai Laptop Di Kelurahan Pagar Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu”. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menjawab suatu permasalahan mengenai bagaimana praktek gadai laptop dengan sistem iuran bebas berjangka di Kelurahan Pagar Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu serta bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pelaksanaan gadai laptop dengan sistem iuran bebas berjangka di Kelurahan Pagar Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah field research yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk memperoleh data yang diperlukan dan penelitian yang obyeknya mengenai gejala-gejala atau peristiwa yang terjadi pada suatu kelompok masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian bahwasanya Dalam praktik pegadaian laptop ini dilakukan atas dasar kepercayaan dan perjanjian ini dilakukan secara lisan dan tanpa dilakukan perjanjian secara tertulis dan dalam setiap akad awal kerap kali tidak disertai dengan saksi-saksi dalam sistem pembayarannya boleh dilakukan secara berangsur-angsur (cicil) serta nominalnya bebas dan waktu dalam pembayarannya ini tidak ditentukan, karena berdasarkan hasil wawancara peneliti kepada pihak penggadai dan pihak yang menerima barang gadai, tujuan dari penggadaian ini ialah ta’awun (tolong-menolong) meskipun dibebankan bunga sebesar 20% dari setiap transaksi yang dilakukan. serta pemanfaatan barang gadai tanpa sepengetahuan dari pemilik barang gadai atau tanpa izin. Maka akad tersebut tidak sah karena tidak sesuai dengan ketentuan syara’.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gadai Laptop, Penggadai, Penerima Gadai
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:20
Last Modified: 03 Oct 2022 03:20
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10028

Actions (login required)

View Item View Item