ANALISIS PENGEMBANGAN KURIKULUM MUATAN LOKAL TAHFIDZUL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH DARUSSALAM KOTA BENGKULU

Zikri, Muhammad (2022) ANALISIS PENGEMBANGAN KURIKULUM MUATAN LOKAL TAHFIDZUL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH DARUSSALAM KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
file skripsi zikri.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui analisis pengembangan kurikulum muatan lokal tahfidzul qur’an dalam meningkatkan mutu lulusan di Madrasah Aliyah Darussalam Kota Bengkulu, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari pengembangan kurikulum muatan lokal tahfidzul qur’an dalam meningkatkan mutu lulusan di Madrasah Aliyah Darussalam Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian lapangan, pendekatan kualitatif deskriftif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berdasarkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dari penelitian ini adalah guru muatan lokal dan siswa kelas XII MA Darussalam. Sedangkan sumber data sekunder yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, buku-buku dan website di internet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan tahfidzul qur’an di MA Darussalam kota Bengkulu di lakukan dengan cara menyetorkan hafalan surah-surah al-qur’an diluar jam pelajaran, pada proses setoran guru mata pelajaran akan menyesuaian tempat sesuai dengan yang siswa inginkan seperti di perpustakaan, di ruang guru, di halaman depan, dan di kelas tanpa mengganggu mata pelajaran yang lain. Dari segi keefektifan pengembangan kurikulum muatan lokal tahfidzul qur’an di MA Darussalam ini terbilang belum efektif dikarenakan belum memenuhi standar dan prinsip pengembangan kurikulum muatan lokal. 2) Faktor pendukung dalam penerapan kurikulum muatan lokal tahfidzul qur’an dalam meningkatkan mutu lulusan di Madrasah Aliyah xii Darussalam antara lain, adanya landasan Yuridis Formal, dukungan pihak yayasan, sarana dan prasarana, Guru pengampu muatan lokal tahfidzul qur’an memilikikompetensi dan keahlian yang mumpuni, dan Mayoritas peserta didik merupakan menetap di pondok dan lulusan MTs. Sedangkan Faktor penghambat dalam penerapan kurikulum muatanlokal tahfidzul qur’an dalam meningkatkan mutu lulusan di Madrasah Aliyah Darussalam berdasarkan hasil observasi bahwa kurangnya minat siswa dalam mengahaflkan Al- qur’an, kasus covid-19, banyaknya jumlah beban mata pelajaran, belum adanya alokasi waktu serta belum adanya penyusunan perangkat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Muatan Lokal, Tahfidzul Qur’an, Pengembangan Kurikulum
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:21
Last Modified: 03 Oct 2022 03:21
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10036

Actions (login required)

View Item View Item