PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBIMBING KECERDASAN SPRITUAL MELALUI BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR INSAN KAMIL ISLAMIC SCHOOL BENGKULU

Cahya, Afrilia Dwi (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBIMBING KECERDASAN SPRITUAL MELALUI BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR INSAN KAMIL ISLAMIC SCHOOL BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
AFRILIA DWI CAHYA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam dalam membimbing kecerdasan spritual melalui budaya religius di Sekolah Dasar Insan Kamil Islamic School Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama islam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu membandingkan data yang didapati dengan sumber yang ada. Analisis dan pengelolaan data diambil ketika peneliti dilapangan dan setelah dikumpulkan data dari lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan agama islam dalam membimbing kecerdasan spritual peserta didik melalui budaya religius di Sekolah Dasar Insan Kamil Islamic School Bengkulu, guru pendidikan agama islam menjalankan perannya dengan saling bekerjasama terlibat secara aktif dalam mengawasi peserta didik diwaktu sholat berjamaah di sekolah. Kemudian melalui budaya religius di Sekolah Dasar Insan Kamil Islamic School Bengkulu, guru pendidikan agama islam juga selalu memotivasi peserta didik dengan menceritakan kisah islami kepada peserta didik, serta guru pendidikan agama islam menjalankan perannya sebagai evaluator dengan memberikan buku evaluasi kegiatan ibadah dan akhlak yang dilakukan di rumah, dikarenakan guru pendidikan agama islam di Sekolah Dasar Insan Kamil Islamic School Bengkulu menilai x peserta didik bukan dari aspek kognitifnya saja, melainkan aspek sikap yang dilaksanakan peserta didik di rumah pun juga ikut menjadi salah satu evaluasi bagi guru pendidikan agama islam di Sekolah Dasar Insan Kamil Islamic School Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kecerdasan Spritual Peserta Didik, Budaya Religius.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:21
Last Modified: 03 Oct 2022 03:21
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10038

Actions (login required)

View Item View Item