UPAYA GURU KELAS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V DI SD NEGERI 47 BENGKULU SELATAN

Nunung, Nunung (2022) UPAYA GURU KELAS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V DI SD NEGERI 47 BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
NUNUNG.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan terkait kurang disiplinnya siswa terhadap pelaksanaan peraturan sekolah dan kurang rasa tanggung jawab siswa terhadap tugas-tugas sekolahnya. Hal tersebut berdasarkan pengamatan awal yang ditemukan di sekolah bahwa masih ada sebagian siswa yang tidak datang ke sekolah tepat waktu, masih ada sebagian siswa yang tidak membuat PR, tidak piket kelas dan tidak menyelesaikan tugas yang diberikan guru di kelas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya guru kelas dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa Kelas V di SD Negeri 47 Bengkulu Selatan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan datanya yaitu triangulasi sumber, metode, dan waktu. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Upaya guru kelas dalam pembentukan karakter disiplin siswa adalah melalui keteladanan, melalui pembiasaan dalam kegiatan sehari-hari, melalui pemberian tugas pelajaran dan tugas piket kebersihan, melalui pemberian sanksi/hukuman, dan melalui metode pembelajaran; 2) Upaya guru kelas dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa adalah melalui kegiatan rutin (tugas piket kebersihan), melalui kegiatan spontan (kerja bakti dan pemberian teguran), melalui keteladanan, melalui pengkondisian lingkungan sekolah, dan melalui pengintegrasian dalam mata pelajaran; 3) Faktor pendukung dan penghambat upaya guru kelas dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa terdiri dari faktor pendukung (adanya kontrol dari kepala sekolah, adanya peran aktif para guru, adanya peran keluarga, adanya kesadaran siswa dan adanya ketersedian sarana prasarana) dan faktor penghambat (faktor keluarga, faktor lingkungan, dan keterbatasan waktu belajar).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Pembentukan Karakter, Disiplin, Tanggung Jawab.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:21
Last Modified: 03 Oct 2022 03:21
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10040

Actions (login required)

View Item View Item