PEMANFAATAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 43 KOTA BENGKULU PADA MATA PELAJARAN SBDP

Juniah, Reli (2022) PEMANFAATAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 43 KOTA BENGKULU PADA MATA PELAJARAN SBDP. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
RELI JUNIAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penggunaan media barang bekas dapat dijadikan media pembelajaran bagi guru untuk siswa sebagai media pendorong/peningkatan kreativitas siswa di dalam pembelajaran yang efektif dan efisien. Penggunaan barang bekas dalam penelitian ini adalah sebagai media peningkatan kreativitas siswa kelas IV di SD Negeri 43 Kota Bengkulu pada mata pelajaran SBDP materi membuat kolase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas IV di SD Negeri 43 Kota Bengkulu Pada Mata Pelajaran SBDP Materi Membuat Kolase ? (2) Apa Saja Faktor Hambatan Dalam Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas IV di SD Negeri 43 Kota Bengkulu Pada Mata Pelajaran SBDP Materi Membuat Kolase ?. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, Proses pemanfaatan barang bekas sebagai media peningkatan kreativitas siswa kelas IV pada mata pelajaran SBDP materi membuatr kolase meliputi perencanaan dan pelaksanaan kegiatan. Pelaksanaan proses pembelajaran meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Peningkatan kreativitas siswa dengan memanfaatkan barang bekas dalam membuat kolase ini meliputi kreativitas ix Kognitif (apritude) dan Nonkognitif (aotitude). Faktor hambatan dalam pemanfaatan barang bekas sebagai media peningkatan kreativitas siswa kelas IV di SD Negeri 43 Kota Bengkulu pada mata pelajaran SBDP materi membuat kolase, meliputi waktu, kesempatan untuk memperoleh pengetahuan, dorongan, sarana, kesempatan dan lingkungan yang merangsang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Barang Bekas, Media Peningkatan Kreativitas Siswa, Mata Pelajaran SBDP.
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:22
Last Modified: 03 Oct 2022 03:22
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10046

Actions (login required)

View Item View Item