Junita, Ike (2022) PERAN MEDIA VIDEO EMPHATY DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DENGAN TEMAN SEBAYA DI SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text
IKE JUNITA PDF.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media video emphaty dalam pembelajaran IPS untuk menumbuhkan sikap toleransi siswa dengan teman sebaya, untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi untuk menumbuhkan sikap toleransi peserta didik dengan teman sebaya melalui media video emphaty dalam pembelajaran IPS.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah guru IPS, guru IPS lainnya dan siswa. Pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian maka peran penggunaan media video emphaty dalam pembelajaran IPS sangat cocok digunakan dalam menumbuhkan sikap toleransi siswa dengan teman sebaya. Dengan penggunaan media video emphaty bisa meningkatkan sifat kemanusian siswa, sifat kepedulian siswa terhadap teman, sikap saling tolong menolong dan meningkatkan sikap saling menghargai siswa dengan teman sebaya, akan tetapi masih ada beberapa kendala yang dihadapi dalam penggunaan media emphaty dalam pembelajaran IPS. Kendala yang dihadapi dalam penggunaan media emphaty adalah guru belum mahir, sarana dan prasarana yang kurang memadai, dana yang terbatas serta kurangnya kesiapan guru dalam menggunakan media video emphaty. The purpose of this study was to determine the role of video empathy media in social studies learning to foster student tolerance with peers, to find out what obstacles were faced to foster student tolerance with peers through video empathy media in social studies learning.The research method used is descriptive qualitative, the subjects of this research are social studies teachers, other social studies teachers and students. Data collection is taken through observation, interviews and documentation. Data were analyzed using data reduction steps, data display and drawing conclusions. The technique of checking the validity of the data by using triangulation techniques and sources. Based on the results of the study, the role of using video empathy media in social studies learning is very suitable to be used in fostering student tolerance with peers.With the use of video empathy media can improve the human nature of students, the nature of students' concern for friends, mutual help and increase mutual respect for students with peers, but there are still some obstacles faced in using empathy media in social studies learning.The obstacles faced in the use of empathy media are teachers who are not proficient, inadequate facilities and infrastructure, limited funds and the lack of teacher readiness in using video empathy media.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Sikap Toleransi, Video Emphaty, Pembelajaran IPS Keywords: Tolerance Attitude, Video Empathy, Social Studies Learning |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 03:22 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 03:22 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10047 |
Actions (login required)
View Item |