MINAT BELAJAR AGAMA IBU-IBU RUMAH TANGGA PADA KEGIATAN MAJELIS TA'LIM DI DESA SUKA NEGARA KECAMATAN MARGA SAKTI SEBELAT KABUPATEN BENGKULU UTARA

Trissita, Marisa (2022) MINAT BELAJAR AGAMA IBU-IBU RUMAH TANGGA PADA KEGIATAN MAJELIS TA'LIM DI DESA SUKA NEGARA KECAMATAN MARGA SAKTI SEBELAT KABUPATEN BENGKULU UTARA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
MARISA TRISSITA_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat belajar agama ibu-ibu rumah tangga pada kegiatan majelis ta’lim di desa Suka Negara Kecamatan Marga Sakti Sebelat Kabupaten Bengku Utara. Menggunakan metode kualitatif diskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa minat belajar agama ibu-ibu rumah tangga pada kegiatan majelis ta’lim di desa Suka Negara Kecamatan Marga Sakti Sebelat Kabupaten Bengkulu Utara sudah baik, jika dilihat dari kehadiran setiap pertemuan selalu ada jama’ah yang hadir meskipun tidak semua anggota. Kegiatan majelis ta’lim Miftahul Jannah desa Suka Negara Kecamatan Marga Sakti Sebelat Kabupaten Bengkulu Utara adalah kegiatan yang bergilir dari rumah kerumah para anggota jama’ah, kegiatan ini dilakukan setiap hari jum’at. Keberadaan majelis ta’lim ini sangat penting bagi masyarakat desa Suka Negara karena banyak hal-hal positif yang didapatkan, kegiatan majelis ta’lim ini sudah terlaksnakan dengan baik. Maka dapat disimpulkan bahwa minat belajar adalah salah satu pilihan kesenangan dalam melakukan kegiatan dan dapat membangkitkan gairah untuk memenuhi kesediaanya dalam belajar, begitupun dengan minat yang dimiliki ibu-ibu tersebut. Dalam penelitian ini penulis menyarankan kepada pengurus majelis ta'lim agar dapat meningkatkan managemen dalam mengelola majelis ta'lim, selain itu kepada ibu-ibu anggota majelis ta'lim agar senantiasa meluangkan waktu untuk hadir dalam pengajian dan lebih semangat lagi dalam mengikuti kegiatan majelis ta'lim agar ilmunya bertambah dan menjadi bekal baik didunia maupun diakhirat kelak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Agama, Ibu-Ibu Rumah Tangga, Kegiatan Majelis Ta’lim
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:22
Last Modified: 03 Oct 2022 03:22
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10048

Actions (login required)

View Item View Item