Ilhamuddin, Ilhamuddin (2022) Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) Dalam Bidang Ilmu Tarbiyah. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text
ILHAMUDDIN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan yang terjadi yaitu kurang menariknya dalam pembelajaran fiqih materi makanan halal dan haram dalam pembelajaran fiqih dengan menggunakan teori ceramah. Sehingga dengan permasalahan tersebut peneliti melakuka penelitian dengan menggunakan teori belajar konstruktiv menggunakan media video. Penelitian ini bertujuan untuk penerapan teori belajar konstruktiv pembelajaran fiqih tentang makanan halal dan haram menggunakan media video di kelas VI Madrasah Ibditaiyah Negeri 01 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Sampel penelitian ini yaitu 33 siswa. Nilai aktivitas guru atau peneliti pada siklus I adalah 77,5 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,5. Sedangkan nilai aktivitas siswa pada siklus I adalah 80 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,5. Hal ini menunjukkan bahwa nilai aktivitas guru dan siswa menunjukkan pada kreteria yang sangat baik. Terdapat peningkatan motivasi belajar pada materi Makanan Halal dan Haram pembelajaran Fiqih di kelas VI MIN 01 Kota Bengkulu. Presentase motivasi belajar siswa dengan kategori minimal baik pada siklus I yakni sebesar 86,21% yang sebelumnya pada pelaksanaan pra siklus hanya sebesar 25%, pada siklus II meningkat menjadi 90%. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik telah memiliki motivasi belajar yang tinggi mata pelajaran FIQIH materi Makanan Halal dan Haram.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Teori Belajar, Fiqih, Konstruktiv Pembelajaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 03:25 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 03:25 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10054 |
Actions (login required)
View Item |