PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PUISI RAKYAT KELAS VII SMPN 13 KOTA BENGKULU

RISKIANA, NUR (2022) PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PUISI RAKYAT KELAS VII SMPN 13 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI NUR RISKIANA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Bahan ajar yang dipakai di SMPN 13 sudah cukup baik berupa buku paket bahasa Indonesia yang di dalamnya merangkum seluruh materi pelajaran bahasa Indonesia sehingga tugas dan latihan soal di dalamnya tidak terlalu bervariasi dan terfokus ke materi pembelajaran contohnya pada materi puisi rakyat yang mana, adanya bahan ajar yang berupa buku paket bahasa indonesia tersebut masih kurang maksimal sehingga perlu adanya penggunaan bahan ajar lain berupa modul pembelajaran bahasa Indonesia untuk membantu guru dan siswa dalam mengajar serta mengatasi kesulitan-kesulitan belajar yang dialami peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mendeskripsikan penggunan modul pembelajaran bahasa indonesia materi puisi rakyat kelas VII SMPN 13 Kota Bengkulu dan untuk mendeskripsikan serta. mengetahui kelayakan modul pembelajaran bahasa indonesia materi puisi rakyat kelas VII SMPN 13 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R&D) yaitu Borg and Gall menurut Sugiyono. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMPN 13 Kota Bengkulu. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif deskriptif dan kuantitatif deskriptif. Hasil produk penelitian terhadap penggunaan modul puisi rakyat yaitu mencapai presentase “sangat layak”. Hasil validasi dari validator ahli materi 1 mencapai ktriteria penilaian “sangat layak” dengan presentase sebesar 84% selain itu validator ahli materi 2 mencapai kriteria penilaian “sangat layak” dengan presentase nilai sebesar 97%. Hasil validator ahli bahasa 1 mencapai kriteria penilaian “layak” dengan presentase nilai sebesar 74%, validator ahli bahasa 2 ix mencapai kriteria penilaian “sangat layak” dengan presentase nilai sebesar 87%. Hasil penilaian dari validator ahli media 1 mencapai kriteria penilaian “sangat layak” dengan presentase nilai sebesar 82%, selain itu validator ahli media 2 mencapai kriteria penilaian “sangat layak” dengan presentase nilai sebesar 86%. Hasil uji coba produk skala kecil yang melibatkan 15 peserta didik diperoleh yaitu dengan rata-rata 85,3% mencapai kriteria “sangat baik”. Uji coba kelompok besar dilihat dari keseluruhan hasil skor tes yaitu diperoleh skor rata-rata 90,6% mencapai kriteria “sangat baik”. Hal ini berarti bahwa modul pembelajaran bahasa indonesia materi puisi rakyat kelas VII SMPN 13 Kota Bengkulu yang dikembangkan dapat dikatakan berhasil dan layak digunakan untuk bahan ajar baru di sekolah agar dapat membantu proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran bahasa indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Modul, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Puisi Rakyat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:25
Last Modified: 03 Oct 2022 03:25
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10056

Actions (login required)

View Item View Item