THE EFFECT OF DIGITAL STORYTELLING ASSISTED BOTTOM-UP AND TOP-DOWN STRATEGY ON STUDENTS LISTENING SKILLS (Quasi-Experimental Research at the X Grade Students of SMAN 01 Bengkulu in Academic Year 2022/2023)

Wahyuni, Desy Tri (2022) THE EFFECT OF DIGITAL STORYTELLING ASSISTED BOTTOM-UP AND TOP-DOWN STRATEGY ON STUDENTS LISTENING SKILLS (Quasi-Experimental Research at the X Grade Students of SMAN 01 Bengkulu in Academic Year 2022/2023). Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DESY TRI WAHYUNI SKRIPSI PDF.pdf

Download (15MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris tentang Pengaruh digital storytelling dibantu strategi bottom-up dan top�down terhadap Kemampuan mendengarkan Siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Penelitian ini dilakukan di SMAN 01 Bengkulu . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 01 Bengkulu yang terdiri dari 150 siswa terdiri dari lima kelas, yaitu X MIPA 1, X MIPA 2, X MIPA 3, X MIPA 4, X MIPA 5. Setelah memastikan dengan purposive sampling, dua kelas akhirnya dipilih sebagai sampel ini penelitian: X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas terdiri dari 60 siswa dengan skor hampir homogen. Kelas eksperimen diperlakukan dengan menggunakan metode digital storytelling assisted bottom-up dan top-down strategy, sedangkan kelas kontrol menggunakan cara konvensional. Tes awal adalah diberikan kepada kedua kelompok sebelum diberikan perlakuan. Hasil pre-test menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 60,67 dan kelas kontrol sebesar 59,17. Setelah diberikan perlakuan, siswa diberikan soal post test. Hasil post-test menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,50 dan kelas kontrol 73,17. Selain itu, hasil independent sample T-count (2,337) menunjukkan bahwa t-hitung lebih tinggi dari t-tabel (2,002). Dengan kata lain, Ho ditolak dan Ha diterima. Singkatnya, dapat dinyatakan bahwa siswa yang diajarkan mendengarkan dengan digital storytelling assisted bottom-up dan top-down strategy lebih efektif dibandingkan dengan cara konvensional. Jadi bisa disimpulkan bahwa digital storytelling assisted bottom-up dan top-down strategy berpengaruh positif pada Siswa Kelas X SMAN 01 Bengkulu pada keterampilan mendengarkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Digital Storytelling, Keterampilan Mendengarkan, Strategi Bottom-up dan Top-down
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:26
Last Modified: 03 Oct 2022 03:26
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10058

Actions (login required)

View Item View Item