UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS MELALUI METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SDN 02 AIR RAMI KABUPATEN MUKOMUKO

Natasia, Ceyla Khairani (2022) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS MELALUI METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SDN 02 AIR RAMI KABUPATEN MUKOMUKO. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_CEYLA KHAIRANI NATASIA_BAB I-V.pdf

Download (977kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini antara lain: Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca dan menulis melalui metode (SAS) pelajaran Bahasa Indonesia siswa; serta untuk mengetahui dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi oleh guru dalam peningkatan Kemampuan membaca dan menulis melalui metode (SAS) pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II SDN 02 Air Rami. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan membaca dan menulis pelajaran Bahasa Indonesia melalui melalui metode (SAS) di kelas II SDN 02 Air Rami yakni dengan mempersiapkan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran. Tahap perencanaan antara lain dengan mempersiapkan seluruh perangkat pembelajaran seperti RPP, silabus, promes, dan prota, adapun pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan belajar di dalam kelas, dan kegiatan akhir adalah evaluasi, yakni untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa terhadap pembelajaran yang dipelajari dalam hal ini adalah membaca dan menulis; 2) Kendala yang dihadapi oleh siswa kelas rendah, dalam hal ini kelas II adalah siswa belum dapat mengikuti pembelajaran membaca dan menulis dengan baik. Dari faktor kendala metode SAS antara lain: 1) Metode SAS membutuhkan waktu lebih banyak dan harus lebih kreatif; 2). Menyebabkan anak menghafal bacaan tanpa mengenal huruf; 3). Membutuhkan banyak sarana yang harus dipersiapkan untuk pelaksanaan metode pembelajaran SAS ini untuk sekolah tertentu dirasa sulit; 4). Metode Pembelajaran SAS ini cenderung agak cukup sulit diajarkan oleh pengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca dan Menulis, Metode, SAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:26
Last Modified: 03 Oct 2022 03:26
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10062

Actions (login required)

View Item View Item