PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP

Antini, Sura (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SURA ANTINI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan bahan ajar saat melakukan praktikum di SMPIT Generasi Rabbani Kota Bengkulu masih menggunakan petunjuk praktikum dalam selembaran kertas, sehingga hal tersebut kurang menarik perhatian siswa. Oleh sebab itu, siswa membutuhkan lembar kerja siswa yang menarik dan mudah dipahami. Pada penelitian ini, peneliti memakai metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dilakukan secara bertahap. Metode Research and Development yang digunakan dalam penelitian ini adalah model dan teori dari Borg And Gall yang dikembangkan kembali oleh Sugiyono yang terdiri dari 8 tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan produk akhir. Penelitian yang dilakukan hanya sampai pada tahap uji coba skala kecil. Subjek dalam penelitian adalah 5 orang dosen Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu yang terdiri dari 1 orang dosen ahli materi, 2 orang dosen ahli media, dan 2 orang dosen ahli bahasa, dan 1 orang guru IPA serta siswa SMP kelas VIII A yang terdiri dari 22 orang siswa. Data dari hasil analisis angket dengan menghitung persentase pencapaian pada setiap komponen yaitu 82,1% (ahli materi), 81,25% (ahli media), dan 82,8% (ahli bahasa) dengan kategori sangat layak digunakan. Sedangkan persentase respon guru dilakukan kepada 1 orang guru IPA kelas VIII memperoleh persentase 88,8% dengan kategori sangat menarik. Uji respon siswa dilakukan pada 22 orang siswa kelas VIII memperoleh persentase 85,5% dengan kategori sangat menarik dan dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, Sistem Pencernaan, Guided Inquiry
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:27
Last Modified: 03 Oct 2022 03:27
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10068

Actions (login required)

View Item View Item