PENGARUH PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD NEGERI 106 KOTA BENGKULU

Wiratama, Delfi Maryantika (2022) PENGARUH PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD NEGERI 106 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DELFI MARYANTIKA-SKRIPSI CD.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas pekerjaan rumah terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 106 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Ex-post Facto. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu Kuesioner (Angket) dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tugas pekerjaan rumah kategori tinggi ada 14 responden (24,14%), kategori sedang ada 35 responden (60,34%), dan kategori rendah ada 9 responden (15,52%). Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar pemberian tugas pekerjaan rumah terhadap peningkatan hasil belajar matematika kelas III SD Negeri 106 Kota Bengkulu adalah dalam kategori sedang yaitu ada 35 responden (60,34%). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian tugas pekerjaan rumah terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 106 Kota Bengkulu. Dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan persamaan regresi linier sederhana Y = 70,11 + 0,125X yang artinya setiap kenaikan satu variabel X (Pemberian tugas pekerjaan rumah) maka nilai variabel Y (Hasil belajar matematika) akan naik 0,125 tindakan, dimana pemberian tugas pekerajaan rumah memengaruhi hasil belajar matematika sebesar 0,84% (0,84 % dilihat dari perhitungan koefisien determinasi 70,56%). Maka dapat disarankan bahwa, jika ingin meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika maka terapkanlah pemberian tugas pekerjaan rumah dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberian Tugas Pekerjaan Rumah, Hasil Belajar Matematika
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:27
Last Modified: 03 Oct 2022 03:27
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10073

Actions (login required)

View Item View Item