PERBEDAAN PENGARUH ANTARA MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INDIVIDUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 80 BENGKULU SELATAN

Sari, Cici Ratna (2022) PERBEDAAN PENGARUH ANTARA MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INDIVIDUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 80 BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI CICI RATNA SARI BENAR (Repaired).pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan model pembelajaran individualterhadap hasil belajar IPS siswa kelas IVSD Negeri 80 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian ekperimen semu (quasi eksperimen) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV A (kelas eksperimen 1 berjumlah 20 orang) dan kelas IVB (kelas ekperimen 2 berjumlah 20 orang). Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IVSD Negeri 80 Bengkulu Selatan siswa dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) lebih baik dari hasil belajar siswa dengan model pembelajaran individual. Diperoleh nilai thitung 2,445 sedangkan t tabel 1,684 hal ini berarti thitung > ttabel, maka Ha yang diterima dan Ho ditolak. Nilai post tes diperoleh dari 20 siswa kelas eksperimen 1 yaitu 75,5 sedangkan nilai post tes kelas eksperimen 2 yaitu 66,5. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai post tes kelas eksperimen 1 yaitu dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) lebih tinggi dari kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran individual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaranan CIRC, Model pembelajaran Individual, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:27
Last Modified: 03 Oct 2022 03:27
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10074

Actions (login required)

View Item View Item