PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA 3−4 TAHUN (TINJAUAN TENTANG JENIS-JENIS TINDAK TUTUR KESANTUNAN DI DESA TANJUNG KEMUNING 2 KABUPATEN KAUR)

Kurniawan, Barhum Setiawan (2022) PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA 3−4 TAHUN (TINJAUAN TENTANG JENIS-JENIS TINDAK TUTUR KESANTUNAN DI DESA TANJUNG KEMUNING 2 KABUPATEN KAUR). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
BARHUM SETIAWAN KURNIAWAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemerolehan bahasa anak usia 3−4 tahun yang difokuskan pada jenis-jenis tindak tutur kesantunan di Desa Tanjung Kemuning 2 Kabupaten Kaur dan untuk mengetahui strategi meminimalkan ancaman tindak tutur kesantunan berbahasa anak usia 3−4 tahun di desa tersebut. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, metode simak, dan dokumentasi. Teknik keabsahan datanya yaitu perpanjangan keikutsertaan peneliti dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Pemerolehan bahasa anak usia 3−4 tahun yang difokuskan pada jenis-jenis tindak tutur kesantunan di Desa Tanjung Kemuning 2 Kabupaten Kaur yaitu bahwa dalam menanggapi atau merespon tindak tutur kesantunan yang disampaikan penutur, anak melakukannya dalam dua bentuk utama yaitu mengiyakan dan menolak; 2) Strategi meminimalkan ancaman tindak tutur kesantunan berbahasa anak usia 3−4 tahun di Desa Tanjung Kemuning 2 Kabupaten Kaur yaitu bahwa kaitannya dengan prinsip kesantunan, penolakan dikaitkan dengan ancaman terhadap muka kelompok direktif yang mengancam muka negatif lawan tutur dan dapat juga dimasukan dalam kelompok ekspresif yang mengancam wajah positif lawan tutur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemerolehan Bahasa, Tindak Tutur Kesantunan, Anak Usia 3−4 Tahun
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:28
Last Modified: 03 Oct 2022 03:28
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10083

Actions (login required)

View Item View Item