APENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PHET INTERACTIVE SIMULATIONS PADA MATERI HUKUM NEWTON KELAS VIII

Heriani, Deta (2022) APENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PHET INTERACTIVE SIMULATIONS PADA MATERI HUKUM NEWTON KELAS VIII. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DETA HERIANI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Proses pembelajaran IPA di SMP Negeri 24 Kota Bengkulu yang di lakukan masih kurang aktif, kendala nya dikarenakan kekurangan media belajar IPA yang menarik untuk materi hukum newton, guru disekolah hanya menggunakan buku paket, menurut guru IPA SMP Negeri 24 Kota Bengkulu, belum ada bahan ajar berupa booklet, guru mata pelajaran IPA juga mengatakan bahwa sekolah tersebut belum pernah menggunakan media booklet yang berbasis Discovery Learning berbantuan phet Interactive simulation, pembuatan booklet dijadikan upaya menambah semangat belajar siswa dan juga di jadikan sumber belajar siswa. Meteode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan adalah Research and Development (R&D. Penelitian ini dibatasi sampai langkah ke 8 saja dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga, serta biaya yang diperlukan. Pengembangan media pembelajaran booklet berbasis Discovery Learning dikembangkan berdasarkan model pengembanga Borg and Gall terdiri dari 10 langkah penelitian yang di sederhanakan menjadi 8 tahap pengembangan. Langkah�langkah dalam penelitian ini adalah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, kelompok terbatas, revisi produk, produk akhir. Kelayakan media pembelajaran booklet berbasis Discovery Learning berbantuan Phet Interactive Simulations Sudah melalui uji kelayakan dengan melibatkan 6 orang dosen ahli, 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi, dan 2 orang ahli bahasa. Sehingga didapatlah presentase skor dari masing-masing ahli, ahli media sebesar, 88%, ahli materi sebesar 82,5 % dan ahli bahasa sebesar 75,8% dan dinyatakan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar siswa. Kepraktisan media booklet di nyatakan sangat praktis berdasarkan uji keprkatisan melalui respon dosen didapatkan presentase skor sebesar 82,6 %. Kemudian yang terakhir dilakukan uji lapangan terbatas dan dinyatkan praktis dengan respon siswa yang melibatkan 10 orang siswa dengan rata-rata presentase skor sebesar 83,8%.Media pembelajaran booklet berbasis Discovery Learning berbantuan Phet Interactive Simulations memberikan hasil yang positif. Berdasarkan hasil uji kepraktisan maka media booklet layak di aplikasikan kepasa siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPA di SMP/MTS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Booklet,Discovery Learning, Phet Interactive Simulations, HukumNewton, Kelayakan, Kepraktis
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:29
Last Modified: 03 Oct 2022 03:29
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10091

Actions (login required)

View Item View Item