PERAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENDIDIKAN INKLUSI DI PAUD ALAM MAHIRA KOTA BENGKULU

Giovani, Eghie (2022) PERAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENDIDIKAN INKLUSI DI PAUD ALAM MAHIRA KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
BAB I-V_B5.pdf

Download (840kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mentetahui peran guru dalam Melaksanakan Pendidikan Inklusi di PAUD Alam Mahira Kota Bengkulu; 2) Untuk mentetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam Melaksanakan Pendidikan Inklusi di PAUD Alam Mahira Kota Bengkulu. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: 1) peran guru dalam Melaksanakan Pendidikan Inklusi di PAUD Alam Mahira Kota Bengkulu adalah dengan memberikan pembelajaran khusus dan pembelajaran melalui guru pendamping khusus, dengan sistem belajar home visit yang disesuaikan dengan orang tua anak serta terkhusus kepada anaknya, misalnya dengan seminggu 2 kali pertemuan, dan sebagainya. 2) Faktor pendukung dalam pembelajaran anak Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) antara lain: a) pihak sekolah masih berkomitmen untuk melaksanakan dan mendukung pembelajaran bagi anak Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), b) Masih ada anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di Alam Mahira Kota Bengkulu, c) Dukungan dari pemerintah kota, d) guru-guru masih konsisten melaksanakan kegiatan pembelajaran, e) tersedia media pembelajaran yang dapat mendukung dalam proses KBM, f) adanya komunikasi yang baik antara guru dan orang tua. Faktor penghambat penyelenggaraan pembelajaran di di Alam Mahira Kota Bengkulu adalah: 1) masih ada sebagian orang tua yang kurang perduli, 2) media pembelajaran yang masih kurang, 3) kurangnya Guru, 4) kurangnya pengetahuan guru, 5) kurang konsistenya guru, 5) sebagian orang tua belum konsisten dalam mendukung kegiatan pembelajaran untuk anak Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pendiidkan, Inklusi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:29
Last Modified: 03 Oct 2022 03:29
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10093

Actions (login required)

View Item View Item