Nurhayati, Nurhayati (2022) PENDEKATAN GURU IPS DALAM MEMBENTUK KESADARAN SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 07 SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text
NURHAYATI_IPS.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pendekatan guru dalam pembelajaran IPS menjadi salah satu cara untuk membentuk kesadaran sosial siswa. Pendekatan guru dapat membantu mempermudah pemahaman siswa tentang kesadaran sosial. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pendekatan guru IPS dalam membentuk kesadaran sosial siswa dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat kesadaran sosial siswa kelas VIII di SMPN 07 Seluma. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesadaran sosial siswa di SMP Negeri 07 Seluma cukup baik, Faktor pendukung dalam membentuk kesadaran sosial pada siswa adalah adanya peran orang tua dan guru. Faktor penghambat dalam membentuk kesadaran sosial pada siswa adalah adanya pengaruh dari lingkungan keluarga dan juga lingkungan masyarakat yang kurang mendukung dalam pembentukan kesadaran sosial yang baik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan guru IPS, kesadaran sosial siswa. |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 03:29 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 03:29 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10097 |
Actions (login required)
View Item |