PERAN GURU IPS DALAM MENGENALKAN TRADISI CULAK BELE PADA SISWA DI SMP NEGERI 21 SATU ATAP KAUR

Evrida, Neneng (2022) PERAN GURU IPS DALAM MENGENALKAN TRADISI CULAK BELE PADA SISWA DI SMP NEGERI 21 SATU ATAP KAUR. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
NENENG EVRIDA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru IPS dalam mengenalkan tradisi Culek Bele pada siswa di SMP Negeri 21 Satu Atap Kaur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Data penelitian ini terdiri dari data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa Tradisi Culak bele merupakan ritual penolakan bala yang dilakukan setiap satu kali dalam setahun dan sudah ada sejak berdirinya desa kepahyang sekitar 80 tahun yang lalu. Adapun nilai-nilai kebudayaan yang terkandung dalam tradisi Culak Bele adalah, nilai sosial, nilai estetika, dan nilai-nilai ritual keagamaan. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu bahwasanya guru IPS dalam mengenalkan tradisi Culak Bele tentu sudah menyiapkan untuk mengenalkan tradisi tersebut kepada para siswa meskipun belum sepenuhnya guru IPS SMPN 21 Satu Atap Kaur mengenal dan mengetahui apa yang dimaksud dengan Tradisi Culak Bele. Peran guru di IPS SMPN 21 Satu atap Kaur dalam mengenalkan Tradisi Culak Bele yaitu, menjelaskan terlebih dahulu tentang tradisi culak bele yang berada di Desa Kepahyang Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur selanjutnya dilakukan sistem tanya jawab antara siswa SMPN 21 Satu Atap Kaur dengan Guru matapelajaran IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru IPS, Tradisi Culak Bele
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:30
Last Modified: 03 Oct 2022 03:30
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10104

Actions (login required)

View Item View Item