STRATEGI GURU PAI DALAM MEMANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI BINGIN TELUK KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA PROVINSI SUMATERA SELATAN

Emiliana, Emiliana (2022) STRATEGI GURU PAI DALAM MEMANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI BINGIN TELUK KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA PROVINSI SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
Sekripsi Emill B5.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran pendidikan Agama Islam perlu ditunjang dengan fasilitas sarana dan prasarana yang baik. Atas dasar ini maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana strategi guru PAI dalam Manajemen Sarana dan Prasarana Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN Bingin Teluk dan Kendala apa saja yang dihadapi guru PAI dalam Manajemen Sarana dan Prasarana Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN Bingin Teluk. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru PAI dalam Manajemen Sarana dan Prasarana Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN Bingin Teluk dan Untuk mendeskripsikan kendala apa saja yang dihadapi guru PAI dalam strategi guru PAI dalam Manajemen Sarana dan Prasarana Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN Bingin Teluk. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekataan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi guru PAI dalam memanajemen sarana dan prasarana pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Bingin Teluk meliputi perencanaan yaitu menyiapkan sarana dan prasarana yang digunakan dalam proses pembelajaran, mengkaji kelayakan sarana dan prasarana, melakukan pemetaan mengenai sarana dan prasarana dengan memperhatikan kondisi pendanaan sekolah, melakukan persiapan agar tidak terjadi kendala ketika pembelajaran. Selanjutnya pada pelaksanaan pembelajaran guru menunjukkan sikap hangat dan antusias dengan menunjukkan kepedulian dan keakraban kepada siswa serta memberikan reward kepada siswa, menggunakan media yang sesuai dengan materi yang disampaikan, melakukan variasi metode mengajar dan melaksanakan penilaian di akhir pembelajaran. Kendala yang dihadapi guru PAI dalam manajemen sarana dan prasarana pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN Bingin Teluk seperti sarana dan prasarana yang sudah lama, ada yang sudah rusak sehingga ketika mau melakukan praktek mengalami keterhambatan. masalah dana, keterbatan lokasi dan ruangan, dan kurangnya tenaga ahli yang menangani administrasi sarana dan prasarana pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru PAI, Memanajamen Sarana dan Prasarana, Pembelajaran PAI.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:30
Last Modified: 03 Oct 2022 03:30
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10107

Actions (login required)

View Item View Item