STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PASCAPANDEMI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 141 BENGKULU UTARA

Jati, Windi Anindhya (2022) STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PASCAPANDEMI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 141 BENGKULU UTARA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_WINDI ANINDHIYA JATI_KASET.pdf

Download (1MB)

Abstract

Strategi merupakan alat, rencana, atau metode yang digunakan untuk menyelesaikan suatu tugas. strategi pembelajaran ekspositori adalah bentuk dari pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada guru, sebab dalam strategi ini guru yang memegang peranan lebih dominan. Dalam strategi ini guru telah mempersiapkan secara rapi, lengkap dan sistematis sehingga siswanya tinggal mencerna dan menyimak pemnelajaran secara tertib dan teratur, dan strategi pembelajaran inquiry adalah bentuk dari pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada siswa. Strategi pembelajaran inquiry ini adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berfikir kritis dan analisis, disini siswa dituntut untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban suatu masalah yang ditanyakan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam implementasi pembelajaran tematik pada mata pelajaran bahasa Indonesia pascapandemi di SDN 141 Bengkulu Utara dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru dalam implementasi pembelajaran tematik pada mata pelajaran bahasa Indonesia pascapandemi di SDN 141 Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik pada mata pelajaran bahasa Indonesia pascapandemi sudah terlaksan seperti biasanya. Penelitian ini ditunjukkan dengan perubahan metode atau cara pengajaran guru terhadap siswa membentuk suatu pembelajaran yang menarik bagi siswa sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Pembelajaran Tematik, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:31
Last Modified: 03 Oct 2022 03:31
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10113

Actions (login required)

View Item View Item