ANALISIS PENGGUNAAN IDIOMATIK PADA BERITA KRIMINAL DALAM SURAT KABAR BERBASIS MEDIA ONLINE BENGKULU TODAY EDISI JUNI 2022

Lizentiya, Lizentiya (2022) ANALISIS PENGGUNAAN IDIOMATIK PADA BERITA KRIMINAL DALAM SURAT KABAR BERBASIS MEDIA ONLINE BENGKULU TODAY EDISI JUNI 2022. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
B5 SKRIPSI FULL LIZENTIYA.pdf

Download (9MB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini ialah bagaimanakah bentuk dan makna idiomatik pada berita kriminal dalam surat kabar berbasis Media Online Bengkulu Today edisi Juni 2022. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bentuk dan makna idiomatik pada berita kriminal dalam surat kabar berbasis Media Online Bengkulu Today edisi Juni 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode contect analysis (analisis isi) yang bebentuk kepustakaan (library research). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pustaka, catat, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah teknik pengujian kepercayaan (credibility) yang terdiri dari dua cara, yaitu meningkatkan ketekunan dan menggunakan bahan referensi. Sumber data yang diambil dari penelitian ini adalah surat kabar berbasis Media Online Bengkulu Today edisi Juni 2022. Bentuk dan Makna idiomatik pada berita kriminal dalam surat kabar berbasis media Online Bengkulu Today edisi Juni 2022, yaitu Makna idiomatik pada berita kriminal dalam surat kabar berbasis media Online Bengkulu Today edisi Juni 2022 terdapat 20 bentuk-bentuk idiomatik, diantaranya 3 Idiomatik Bagian Tubuh, yaitu Unjuk Gigi, Tubuh Korban, dan Tangkap Tangan, 1 Idiomatik Panca Indra, yaitu Pekik Nyaring, 1 Idiomatik Nama Warna, yaitu Lampu Merah, 8 idiomatik benda alam, yaitu Senjata Api, Barang Bukti, Anak Bangsa, Obat Rindu, Nusantara Gemilang, Balik Papan, Meninggal Dunia, dan Barang Haram, 2 idiomatik nama binatang, yaitu x Elang Jupi dan Gading Cempaka, idiomatik bagian tumbuhtumbuhan, yaitu Kampung Jeruk, Taba Jambu, dan Pondok Kelapa, 3 idiomatik bilangan, yaitu Kelapa Dua, Pematang Tiga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: idiomatik, berita kriminal, bengkulu today
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:32
Last Modified: 03 Oct 2022 03:32
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10126

Actions (login required)

View Item View Item