THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ READING HABIT AND CRITICAL THINKING SKILLS (A Correlational Study Conducted at the Eleventh Grade Students of SMA Negeri 12 Rejang Lebong in the Academic Year of 2021/2022)

Hasanah, Rulita (2022) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ READING HABIT AND CRITICAL THINKING SKILLS (A Correlational Study Conducted at the Eleventh Grade Students of SMA Negeri 12 Rejang Lebong in the Academic Year of 2021/2022). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Thesis Rulita Hasanah.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan positif antara kebiasaan membaca siswa dengan kemampuan berpikir kritis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel terdiri dari 30 siswa kelas XI IPA SMAN 12 Rejang Lebong. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket yang digunakan untuk mengukur tingkat kebiasaan membaca dan tes menulis untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Ada beberapa hasil dari penelitian ini, antara lain: Kebiasaan membaca siswa kelas XI IPA SMAN 12 Rejang Lebong cukup baik dengan rata-rata 74,37. Beberapa siswa memiliki kebiasaan membaca yang sangat baik, namun masih ada beberapa siswa yang memiliki kebiasaan membaca yang kurang baik. Kedua, kemampuan berpikir kritis siswa dalam menulis teks eksposisi analitis pada siswa kelas XI IPA SMAN 12 Rejang Lebong tergolong rendah karena memiliki nilai rata-rata 62,57, namun beberapa siswa memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik. Dan terakhir hubungan antara kebiasaan membaca siswa dengan kemampuan berpikir kritis. Terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel dengan nilai sig. (2-tailed) nilai 0,00 < 0,05 dan korelasi Pearson 0,615. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca siswa dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMAN 12 Rejang Lebong dengan korelasi yang tinggi. Kata Kunci: K

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Membaca, Kemampuan Berpikir Kritis, Korelasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:32
Last Modified: 03 Oct 2022 03:32
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10132

Actions (login required)

View Item View Item