PRAKTIK SEWA-MENYEWA LAHAN PERSAWAHAN MUSIMAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI SAWAH DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Lahan Persawahan Pulau Kabu di Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur)

Efnita, Fenzy (2022) PRAKTIK SEWA-MENYEWA LAHAN PERSAWAHAN MUSIMAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI SAWAH DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Lahan Persawahan Pulau Kabu di Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
FENZY EFNITA PDF.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui praktik sewa�menyewa lahan persawahan Pulau Kabu dalam meningkatkan pendapatan petani sawah di Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur dan menganalisa praktiknya berdasarkan dengan tinjauan ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sewa-menyewa lahan persawahan Pulau Kabu dilakukan pihak tanpa unsur paksaan secara langsung dengan akad saling percaya tanpa diikuti dengan bukti tertulis dengan menggunakan pembayaran sewa berupa beras yang ditentukan jumlahnya oleh pemilik lahan berdasarkan dengan luas lahan persawahan yang disewakan. Sewa-menyewa lahan persawahan Pulau Kabu sudah memenuhi rukun sewa-menyewa. Namun, belum sepenuhnya memenuhi syarat pembayaran sewa sehingga tidak diperbolehkan karena sejenis dengan barang manfaat dari ijarah. Selain itu, sistem bayar sewa tersebut tidak diperbolehkan Rasullulah SAW dan pihak penyewa lahan persawahan Pulau Kabu belum sepenuhnya menjunjung tinggi sifat-sifat yang dimiliki Nabi dan Rasul karena masih terdapat beberapa penyewa mengkhianati perjanjian yaitu melakukan pembayaran sewa tidak tepat waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sewa-Menyewa, Ijab Qabul, Ekonomi Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Q Science > QE Geology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:33
Last Modified: 03 Oct 2022 03:33
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10140

Actions (login required)

View Item View Item