NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM BUDAYA SYARAFAL ANAM DI DESA BANG HAJI KECAMATAN BANG HAJI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Sulistia, Momi (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM BUDAYA SYARAFAL ANAM DI DESA BANG HAJI KECAMATAN BANG HAJI KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
MOMI _PAI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui budaya syarafal anam di desa Bang Haji Kecamatan Bang Haji Kabupaten Bengkulu Tengah. Lalu untuk mengetahui nilai- nilai pendidikan islam apa saja yang ada pada budaya syarafal anam di desa Bang Haji Kecamatan Bang Haji Kabupaten Bengkulu Tengah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penyelidikan yang dilakukan dalam kehidupan atau objek yang sebenarnya. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis Miles dan Huberman yaitu terdiri dari reduksi data, penyajian data, mengambil kesimpulan lalu diverifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa yang pertama, Budaya syarafal anam di desa Bang Haji Kecamatan Bang Haji Kabupaten Bengkulu Tengah jika harus dipastikan tahun kapan dan siapa yang pertama kali membawah budaya ini ke desa Bang Haji tidak ada yang mengetahui jelas karena budaya ini termasuk budaya lama, budaya ini juga bisa dikatakan satu-satunya budaya di desa Bang Haji yang bernuansa Islami. Syarafal Anam ini selalu dipakai dalam setiap acara pernikahan bisa dikatakan wajib pada saat itu. Namun sekarang syarafal anam ini tidak ada di wajibkan dan sangat jarang digunakan pada saat acara pernikahan. Kedua, Nilai-nilai pendidikan islam yang terkandung dalam budaya syarafal anam di desa Bang Haji Kecamanatan Bang Haji Kabupaten Bengkulu, ini mengandung nilai, yakni: nilai Religius yaitu nilai aqidah, nilai ibadah dan nilai akhlak, dan nilai moral yaitu saling menghargai sebagaimana masyarakat desa Bang Haji Kecamatan Bang Haji masih mengunakan budaya syarafal anam ini untuk menghargai budaya lama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai pendidikan islam, budaya syarafal anam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:33
Last Modified: 03 Oct 2022 03:33
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10144

Actions (login required)

View Item View Item