PERAN PASAR DESA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pasar Tungkal Satu Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan)

Sari, Sintia Novita (2022) PERAN PASAR DESA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pasar Tungkal Satu Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SINTIA NOVITA SARI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pasar dalam meningkatkan ekonomi masyarakat menurut perspektif Ekonomi Islam. Dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) dan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pedagang, kepala desa dan kordinator pasar. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Pasar desa Tungkal Satu Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan sangat berperan bagi para pedagang baik pedagang yang berasal dari masyarakat desa Tungkal Satu maupun pedagang desa lain. (2) Pasar Tungkal Satu bermanfaat sebagai tempat menjual barang dagangan dan tempat transaksi jual beli antara pedagang dan pembeli. (3) Kendala dalam pengembangan pasar Tungkal Satu yaitu masalah kebersihan pasar, ketertiban dan keamanan pasar, keberagaman jenis dagangan, ketersediaan lapak untuk pedagang, dan waktu operasional pasar desa Tungkal Satu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran, Pasar Desa, Ekonomi Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:36
Last Modified: 03 Oct 2022 03:36
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10158

Actions (login required)

View Item View Item