PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS SELF-REGULATED LEARNING (SRL) TERHADAP MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH I KOTA BENGKULU

Zakiyah, Pebriana Khairu (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS SELF-REGULATED LEARNING (SRL) TERHADAP MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH I KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
PEBRIANA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran SRL terhadap motivasi dan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Muhammadiyah 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran SRL terhadap motivasi belajar. Dapat disimpulkan bahwa penerepan pembelajaran berbasis self-regulated learning pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa (Y1) dan kemandirian belajar siswa (Y2). Jadi, peningkatan nilai angket variabel motivasi belajar siswa sebesar 15,2. Rata-rata pretes kelas kontrol 34,70 dan posttest 46,80. Jadi peningkatan nilai angket variabel motivasi belajar siswa sebesar 12,1. Dan pada hasil kemandirian belajar siswa (Y2) dapat dilihat bahwa rata-rata pretest kelas eksperimen 37,97 dan posttest 51,50. Jadi, peningkatan kemandirian belajar sebesar 13,53. Rata-rata pretes kelas kontrol 34,73 dan posttest 48,27. Jadi peningkatan kemandirian belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 13,54. Dan dapat disimpulkan bahwa penerepan pembelajaran berbasis self-regulated learning pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa (Y1) dan kemandirian belajar siswa (Y2).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Self-Regulated Learning, Motivasi belajar, dan Kemandirian Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:36
Last Modified: 03 Oct 2022 03:36
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10162

Actions (login required)

View Item View Item