Penerapan Strategi Pembelajaran 4C Creative Thinking, Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Collaboration, dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di MIN 01 Kepahiang

Sari, Karmila (2022) Penerapan Strategi Pembelajaran 4C Creative Thinking, Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Collaboration, dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di MIN 01 Kepahiang. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
KARMILA SARI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang bagaimana penerapan strategi pembelajaran 4C ( Creative Thinking, Critical Thinking And Problem Solving, Communication, Collaboration ) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di MIN 01 Kepahiang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif. Dengan teknik pengambilan data menggunakan Obesrvasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Kesimpulan hasil penelitian: Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di kelas IV MIN 01 Kepahiang sesuai dengan strategi pembelajaran 4c. Kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan, mampu mendorong siswa untuk mengembangkan ketrampilan-ketrampilan yang ada di dalam diri peserta didik. Guru lebih banyak mendengarkan ix siswanya saling berinteraksi, berargumen, berdebat, dan berkolaborasi. Fungsi guru berubah dengan sendirinya menjadi fasilitator. Mekanisme pembelajaran terdapat interaksi yang multi arah yang cukup dalam berbagai bentuk komunikasi. Selain itu, pembelajaran mampu memfasilitasi peserta didik untuk menuangkan ide-ide baik lisan dan tulisan. Dan proses pembelajaran yang dikembangkanpun berfokus pada sumber daya siswa, strategi dan konteksnya sesuai dengan kehidupan siswa, maka tingkat kerjasama dan komunikasi lebih berkembang, ketrampilan berfikir kritis dan berfikir kreatif siswa lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran 4C
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:38
Last Modified: 03 Oct 2022 03:38
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10168

Actions (login required)

View Item View Item