DAMPAK KENAIKAN HARGA BAHAN POKOK TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PERSPEKTIF MAQASID SYARIAH (Studi Di Desa Tanjung Sakti Kabupaten Lahat)

Sari, Delti Indah (2022) DAMPAK KENAIKAN HARGA BAHAN POKOK TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PERSPEKTIF MAQASID SYARIAH (Studi Di Desa Tanjung Sakti Kabupaten Lahat). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Delti Indah Sari(1811130045).pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu pertama, untuk mengetahui dampak kenaikan harga bahan pokok terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Tanjung Sakti Kabupaten Lahat, dan untuk mengetahui bagaimana Dampak kenaikan harga bahan pokok terhadap kesejahteraan masyarakat perspektif maqasid syariah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak kenaikan harga bahan pokok di masyarakat desa Tanjung Sakti saat ini tidak sejahtera, dimana harga yang tidak terjangkau, sedangkan penghasilan masyarakat dari hasil penen kopi, masyarakat lebih memilih berbelanja kebutuhan bahan pokok di pasar, karena harga yang kompetitif dan lumayan mampu di beli oleh masyarakat, kualitas dan manfaat penjualan harga bahan pokok sudah bisa di rasakan oleh masyarakat pembeli. Dari tinjauan maqasid syariahnya dapat disimpulkan bahwa masyarakat desa masih bisa memenuhi kebutuhan pokok, terkadang ketika kurangnya ekonomi, masyarakat berhutang kewarung untuk kebutuhan hidup semantara waktu. Masyarakat mencari rezeki dengan cara yang halal, mecari pekerjaan tambahan, dan lebih menghemat keuangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Harga Bahan Pokok, Kesejahteraan, Maqasid Syariah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:39
Last Modified: 03 Oct 2022 03:39
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10177

Actions (login required)

View Item View Item