EFEKTIVITAS PEMANFAATAN PLATFORM QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 BENGKULU UTARA

Mutmainnah, Annisa (2022) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN PLATFORM QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 BENGKULU UTARA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
skripsi annisa.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kurangnya optimalisasi pemanfaatan fasilitas digital dan pemanfaatan media pembelajaran, proses pembelajaran yang monoton serta kebiasaan belajar baru yang lekat dengan digitalisasi menjadi permasalahan dalam pokok penelitian ini dengan subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik serta objek penelitian quizizz dan fokus pada materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui secara deskriptif efektivitas pemanfaatan quizizz sebagai media dalam pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bengkulu Utara serta faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, yang dapat mendeskripsikan suatu keadaan di lapangan dengan mendalami suatu praktik dari yang diteliti. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa quizizz “efektif” sebagai media pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari indikator ukuran efektivitas sesuatu hal yang sudah cukup terpenuhi meskipun ada dua indikator yang kurang terpenuhi dari delapan indikator yang ada. Faktor pendukung terdiri dari dua hal yaitu dari sisi platform quizizz yang dipertimbangkan lebih baik dibandingkan platform yang lain dan dari sisi fasilitas sekolah yang memadai. Sedangkan faktor penghambat yang mempengaruhi pemanfaatan quizizz sebagai media pembelajaran adalah listrik yang menunjang kelancaran jaringan internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Quizizz dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:39
Last Modified: 03 Oct 2022 03:39
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10181

Actions (login required)

View Item View Item