PRAKTIK KERJA SAMA BISNIS AYAM POTONG PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH DI KELURAHAN DERMAYU KECAMATAN AIR PERIUKAN KABUPATEN SELUMA

Trianingsih, Nova (2022) PRAKTIK KERJA SAMA BISNIS AYAM POTONG PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH DI KELURAHAN DERMAYU KECAMATAN AIR PERIUKAN KABUPATEN SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
PRAKTIK KERJA SAMA BISNIS AYAM POTONG PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH DI KELURAHAN DERMAYU KECAMATAN A.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kerja sama bisnis ayam potong di Kelurahan Dermayu dan untuk mengetahui perspektif ekonomi syariah terhadap kerja sama bisnis ayam potong di Kelurahan Dermayu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) kerja sama bisnis ayam potong di Kelurahan Dermayu Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma, kesepakatan antara kedua belah pihak secara tertulis, dengan sistem usaha kemitraan kontrak, dimana pihak perusahaan dan pengelola menyediakan modal dan skill (kerja) dengan ketentuan hasil yang di dapat pengelola rata-rata kurang lebih yaitu Rp 18.000 sampai Rp 21.000.- per 1 kg ayam. (2) Perspektif Ekonomi Islam terhadap kerja sama bisnis ayam potong di Kelurahan Dermayu Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma, secara spesifik termasuk kedalam akad akad musyarakah dan musyᾱrakah al-munta‟iyyah bit tamlik, dan belum sepenuhnya sesuai dengan perspektif ekonomi islam karena belum memenuhi dua prinsip yaitu adl (keadilan) dan ma‟ad (hasil/pertanggungjawaban).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keja Sama, Ekonomi Syariah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:40
Last Modified: 03 Oct 2022 03:40
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10184

Actions (login required)

View Item View Item