JUAL BELI BUAH PINANG DI DESA DATAR LEBAR KABUPATEN KAUR DALAM PERSPEKTIF PROPHETIC BUSINESS (Studi Tentang Pembulatan Timbangan)

Pratiwi, Eva (2022) JUAL BELI BUAH PINANG DI DESA DATAR LEBAR KABUPATEN KAUR DALAM PERSPEKTIF PROPHETIC BUSINESS (Studi Tentang Pembulatan Timbangan). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Eva Pratiwi (1811130136) skripsi fix.pdf

Download (853kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik pembulatan timbangan pada jual beli Buah Pinang Desa Datar Lebar, Kec. Lungkang Kule, Kab. Kaur dan Untuk mengetahui bagaimana tinjauan Prophetic Business terhadap praktik pembulatan timbangan pada jual beli Buah Pinang di Desa Datar Lebar, Kec. Lungkang Kule Kab. Kaur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan di ambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan bahwa praktik penimbangan buah pinang di desa Datar Lebar dilakukan menggunakan timbangan duduk manual dan timbangan gantung dan dalam pelaksanaannya mulai dari penimbangan yang terjadi antara penjual dan toke sudah melakukan transparsi sebelum melakukan jual beli, namun meskipun demikian masih ada kecurangan yang dilakukan pihak toke yaitu dengan melakukan pembulatan timbangan ketika berat timbangan tidak mencapai batas yang telah ditentukan, dan praktik pembulatan timbangan pada jual beli Buah Pinang di Desa Datar Lebar belum sesuai dengan Prophetic Business atau bisnis yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, dikarenakan pedagang buah pinang didesa Datar Lebar belum tegas terhadap takaran dan timbangan, juga belum menerapkan teori keadilan karena Pedagang buah pinang masih menerapkan kecurangan dengan melakukan pembulatan dalam penimbangan buah pinang. Serta belum adanya orientasi kepada pelanggan karena masih banyak pelanggan yang kecewa dan mengeluh karena belum adanya keadilan terhadap timbangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Timbangan, Prophetic Business
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:40
Last Modified: 03 Oct 2022 03:40
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10189

Actions (login required)

View Item View Item