STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN EKONOMI IBNU TAIMIYAH DAN IBNU KHALDUN TENTANG MEKANISME PENETAPAN HARGA DAN RELEVANSI TERHADAP MEKANISME PENETAPAN HARGA SEMBAKO DI KOTA BENGKULU

Saputri, Amelia Dwi (2022) STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN EKONOMI IBNU TAIMIYAH DAN IBNU KHALDUN TENTANG MEKANISME PENETAPAN HARGA DAN RELEVANSI TERHADAP MEKANISME PENETAPAN HARGA SEMBAKO DI KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
amelia skripsi full PDF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pemikiran Ibnu Taimiyah dan Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Mekanisme Penetapan Harga dan relevansi terhadap penetapan harga sembako di Bengkulu. Hasil penelitian menyimpulkan mekanisme penetapan harga menurut Ibnu Taimiyah dan Ibnu Khaldun yaitu naik turunnya harga tidak selalu diakibatkan oleh kezaliman, tetapi terkadang disebabkan oleh kekurangan produksi dan penurunan import barang-barang yang diminta. Perbedaan mekanisme penetapan harga menurut Ibnu Taimiyah jika terjadi ketidaksempurnaan pasar maka pemerintah bisa ikut campur di dalamnya agar tidak terjadi kecurangan, sedangkan menurut Ibnu Khaldun dalam penetapan harga tidak dijelaskan jika terjadi ketidaksempurnaan pasar pemerintah bisa menetapkan harga tetapi, Ibnu Khaldun menjelaskan penetapan harga terjadi karena permintaan dan penawaran dalam pasar. Relevansi pemikiran Ibnu Taimiyah dan Ibnu Khaldun terhadap penetapan harga di Bengkulu belum sepenuhnya sejalan, karena penetapan harga yang dilakukan di Bengkulu sudah memasuki mekanisme pasar bebas, dan didalamnya tidak ada kegiatan tawar menawar pada harga barang antara pihak penjual dan pembeli bebas dalam artian pemerintah menjamin kebebasan pasar berjalan pada mekanisme pasar yang alami. Tetapi pemerintah diperbolehkan dalam penetapan harga, jika terdapat kenaikan harga dalam distori pasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mekanisme Penetapan Harga, Ibnu Taimiyah, Ibnu Khaldun
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:45
Last Modified: 03 Oct 2022 03:45
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10194

Actions (login required)

View Item View Item