PRAKTIK SEWA MENYEWA LAPAK PEDAGANG PASAR PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Pasar Karmia Jaya Simpang Kandis Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu)

Pangestu, Adi Bayu (2022) PRAKTIK SEWA MENYEWA LAPAK PEDAGANG PASAR PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Pasar Karmia Jaya Simpang Kandis Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi Adi Bayu Pangestu.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Praktik Sewa Menyewa Lapak Pedagang Pasar Karmia Jaya Simpang Kandis Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah praktik sewa menyewa lapak pedagang pasar Karmia Jaya dilakukan dengan perjanjian secara tertulis. Pembayaran sewa dilakukan dengan sistem bulanan, selain itu pedagang juga dikenakan biaya harian setiap kali berjualan. Bagi pedagang yang membutuhkan air dan listrik juga dikenakan biaya di luar biaya sewa bulanan. Berdasarkan perspektif Ekonomi Islam, praktik sewa menyewa lapak pedagang pasar Karmia Jaya belum memenuhi aturan terkait sewa menyewa dalam islam (ijarah). Karena belum sepenuhnya sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia tentang ujrah yaitu tidak terdapat kuantitas ujrah yang jelas dalam surat perjanjian sewa serta ujrah yang telah disepakati tidak di tinjau ulang. Namun telah sesuai dengan bentuk ujrah berupa uang dan ujrah dibayarkan secara tunai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sewa Menyewa, Ekonomi Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:46
Last Modified: 03 Oct 2022 03:46
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10204

Actions (login required)

View Item View Item