MEKANISME PENDISTRIBUSIAN BERAS MISKIN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Desa Suka Negeri Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan)

Septiana, Yulia (2022) MEKANISME PENDISTRIBUSIAN BERAS MISKIN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Desa Suka Negeri Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
YULIA SEPTIANA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pendistribusian beras miskin dan mengetahui perspektif Ekonomi Islam terhadap mekanisme pendistribusian beras miskin di Desa Suka Negeri Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan. Jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data yang dikumpulkan dan diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mekanisme pendistribusian raskin di Desa Suka Negeri dimulai dari pengajuan Surat Permintaan Alokasi (SPA) beras miskin kepada Bupati Bengkulu Selatan setelah disetujui oleh Bupati maka aparat desa akan mengirimkan data masyarakat dalam berpenghasilan rendah, sebanyak 159 Rumah Tangga Miskin (RTM) dengan jumah sebesar 45Kg/KK/Rp 1.600. Akan tetapi di dalam pembagian raskin ini belum terlaksana dengan baik terutama pendataan yang di lakukan BPS tidak semuanya masyarakat miskin yang tedata. Selain itu waktu penyaluran raskin juga belum efisiensi karena tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dalam pemerintah yaitu setiap sebulan sekali, kemudian dari segi kualitas beras yang diterima masyarakat memiliki aroma. Mekanisme pendistribusian beras miskin di Desa Suka Negeri menurut perspektif Ekonomi Islam belum efektif, terutama pada prinsip keadilan dan kepemilikan karena petugas raskin belum amanah dalam menjalankan tugasnya, dimana pendataan maupun penyaluran raskin untuk masyarakat miskin tidak tepat pada orang yang berhak menerima bantuan melainkan bantuan diberikan kepada rumah tangga mampu. Sedangkan dari prinsip larangan menimbun barang dapat dikatakan efektif, karena raskin tidak dikuasai oleh aparat desa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mekanisme, Pendistribusian Raskin, Ekonomi Islam
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:46
Last Modified: 03 Oct 2022 03:46
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10205

Actions (login required)

View Item View Item