PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR SETELAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV MIN 1 KABUPATEN KAUR

Safitri, Dwi (2022) PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR SETELAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV MIN 1 KABUPATEN KAUR. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
MAYORA DWI SAFITRI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan motivasi belajar setelah menggunakan model pembelajaran word square pada pembelajaran IPA Kelas IV MIN 1 Kabupaten Kaur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparatif dengan desain penelitian paradigma ganda. Pengambilan sampel dengan teknik proporsional random sampling dengan sampel yang diambil yaitu 28 orang siswa Kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan 28 orang siswa Kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya yaitu angket/kuesioner dan dokumentasi. Uji hipotesis data dengan uji t dengan menggunakan rumus separated varians. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan motivasi belajar setelah menggunakan model pembelajaran word square pada pembelajaran IPA Kelas IV MIN 1 Kabupaten Kaur. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yaitu thitung > ttabel (3,45 > 2,02) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Word Square, Pembelajaran IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:51
Last Modified: 03 Oct 2022 03:51
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10216

Actions (login required)

View Item View Item