PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 24 SELUMA

Astuti, Merlia Puji (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 24 SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
MERLIA PUJI ASTUTI (1811240091) Skripsi 2022.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 24 Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan penekatan Quasy Experiment (Eksperimen Semu), desain penelitian ini yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design sedangkan pengambilan sampel dengan teknik Purposive sampling karena teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas III A berjumlah 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas III B berjumlah 18 siswa sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini berupa variabel bebas yaitu pengaruh model pembelajaran picture and picture sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t” test. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 24 Seluma. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil posttest pada kelas III A (Eksperimen) yaitu 80,25 dan posttest pada kelas III B (Kontrol) yaitu 71,30. Hasil ini dilihat juga dari perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji “t” terhadap kedua kelompok dengan hasil yang diperoleh thitung = 2,753 sedangkan ttabel dengan df 36 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,028. dengan begitu maka thitung > ttabel (2,753 > 2,028). yang berarti thitung lebih besar ttabel. Yang berarti hipotesis kerja (ha) diterima dan H0 ditolak, yaitu terdapat pengaruh pengunaan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 24 Seluma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:51
Last Modified: 03 Oct 2022 03:51
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10217

Actions (login required)

View Item View Item