PENGEMBANGAN KOMIK CERITA SI PAHIT LIDAH DI BENGKULU SELATAN SEBAGAI BAHAN AJAR SBDP UNTUK SISWA KELAS V SDN 76 KOTA BENGKULU

Oktoby, Itan (2022) PENGEMBANGAN KOMIK CERITA SI PAHIT LIDAH DI BENGKULU SELATAN SEBAGAI BAHAN AJAR SBDP UNTUK SISWA KELAS V SDN 76 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi B5 Itan Oktoby.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik cerita Si Pahit Lidah di Bengkulu Selatan sebagai bahan ajar SBDP kepada peserta didik dan untuk mengetahui tingkat kelayakan penggunaan media, serta mengetahui tingkat keperaktisan media melalui respon pendidik dan peserta didik setelah menggunakan komik cerita Si Pahit Lidah di Bengkulu Selatan sebagai bahan ajar SBDP. Metode penelitian mengadaptasi pada model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Penelitian ini menggunakan enam langkah Sebagai berikut : 1) potensi masalah, 2) peengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk , 6) uji coba produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa : validasi angket ahli materi, ahli angket bahasa, ahli angket media I dan ahli angket media II untuk mengetahui tingkat kelayakan media serta angket tanggapan penilaian Pendidik dan peserta didik untuk mengetahui untuk mengetahui tingkat kepraktisan media. Subjek dari penelitian dan pengembangan adalah peserta didik kelas VA di SDN 76 Kota Bengkulu. Hasil penelitian dan pengembangan memperoleh desain berupa media komik cerita Si Pahit Lidah di Bengkulu Selatan sebagai bahan ajar SBDP untuk siswa kelas V SDN 76 Kota Bengkulu memperoleh nilai kelayakan 3,88 oleh ahli Bahasa, 4,8 oleh ahli materi 4,6 oleh ahli media I, 4,7 oleh ahli media II. Respon pendidik terhadap keperaktisan media memperoleh nilai 92% dan respon peserta didik terhadap keperaktisan media memperoleh nilai 88%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komik, Si Pahit Lidah, Bahan Ajar SBDP
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:52
Last Modified: 03 Oct 2022 03:52
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10222

Actions (login required)

View Item View Item