PENERAPAN METODE TAKRIR DALAM MENJAGA HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 30 SISWA DI MA MAKRIFATUL ILMI BENGKULU SELATAN

Agita, Nurul Umi (2022) PENERAPAN METODE TAKRIR DALAM MENJAGA HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 30 SISWA DI MA MAKRIFATUL ILMI BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKIRIPSI)
NURUL UMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode takrir dalam menjaga hafalan Al-Qur‟an juz 30 siswa di MA Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan, serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung dengan mengamati proses penerapan metode takrir dalam menjaga hafalan Al-Qur‟an. Kemudian wawancara langsung dengan siswa dan guru tahfidz yang bersangkutan. Teknik pengumpulan data selanjutnya adalah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode takrir dalam menjaga hafalan Al-Qur‟an juz 30 di MA Makrifatul Ilmi dilaksanakan dengan melalui tiga teknik yaitu, takrir secara bersama, takrir secara sendiri, dan takrir di hadapan guru. Faktor pendukung dari penerapan metode takrir dalam menjaga hafalan Al-Qur‟an siswa yaitu dukungan penuh dari pihak madrasah, orang tua dan sarana menghafal, serta teman dan lingkungan. Faktor penghambat dari penerapan metode takrir dalam menjaga hafalan Al-Qur‟an siswa yaitu kemampuan siswa yang berbeda, dan rasa malas, latar belakang siswa yang beraneka ragam, dan aktifitas siswa yang terlalu tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode takrir, Menjaga Hafalan Al-Qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:52
Last Modified: 03 Oct 2022 03:52
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10226

Actions (login required)

View Item View Item