KONSEP NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI PALIARE PADA SUKU SEMENDE ( Studi kasus Di Desa Muara Dua Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur)

Lestari, Dela (2022) KONSEP NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI PALIARE PADA SUKU SEMENDE ( Studi kasus Di Desa Muara Dua Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi Dela Lestari pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di desa Muara Dua Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur pada tanggal 07 Maret sampai dengan 21 April 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep nilai-nilai pendidikan islam yang terkandung dalam tradisi Paliare suku semende di desa Muara Dua kecamatan Nasal kabupaten Kaur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan Etnografi, responden dalam penelitian ini adalah ketua adat, tokoh adat, kepala desa, dan masyarakat itu sendiri. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis Spradley yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis kompensial dan analisis tema kultural. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) adat paliare ini dilaksanakan setiap setahun sekali yaitu pada 10 Muharram. Adat tersebut menunjukkan akar dari adat paliare dan tetap dilestarikan oleh masyarakat setempat. (2) Konsep Nilai�nilai pendidikan Islam dalam upacara adat paliare ini yaitu untuk memelihara diri dari perbuatan yang tidak baik, untuk meminta kepada Allah SWT agar di pelihara atau dilindungi dari bencana dan gangguan makhluk halus, untuk membentuk etika pergaulan yang sehat atau akhlak yang baik antara sesama masyarkat, agar selalu mematuhi peraturan-peraturan adat desa Muara Dua, menciptakan kerukunan, keamanan, dan kedamaian pada masyarakat desa Muara Dua. Kesimpulan Konsep Nilai-Nilai pendidikan Islam menurut akidah dalam tradisi Paliare terlihat dari keyakinan masyarakat untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT dan Memelihara diri dari perbuatan yang tidak baik atau tercela. Kemudian Nilai-nilai pendidikan Islam menurutibadah dalam tradisi paliare yakni senantiasa berdoa dan memohon hanya kepada Allah SWT, Secara akhlak dalam tradisi paliare yakni membentuk etika pergaulan yang sehat dan baik sesama masyarakat. Yang terakhir yakni Kemsyarakatan yang tradisi paliare adalah sama-sama mematuhi peraturan-peratura adat desa Muara Dua, menciptakan kerukunan, keamanan dan kedamaian pada masyarakat desa Muara Dua Kecamata Nasal kabupaten kaur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konsep Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Tradisi Paliare
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:52
Last Modified: 03 Oct 2022 03:52
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10228

Actions (login required)

View Item View Item