EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE QUIZ TEAM TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU

Nugroho, Gladine (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE QUIZ TEAM TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
GLADINE NUGROHO.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui efektifitas metode quiz team terhadap keaktifan belajar siswa mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas V A berjumlah 32 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas V B berjumlah 32 orang sebagai kelompok kontrol. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test indenpenden. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa yang menggunakan metode pebelajaran Quiz team dengan menggunakan model pembelajaran konvesional hal tersebut dibuktikan dari hasil post-test siswa kelas V A dengan menggunakan metode pembelajaran Quiz team dapat meningkat sebesar 88.11% dengan nilai 80 sampai dengan 95 keatas sedangkan kelas V B tanpa menggunakan metode Quiz team sebesar 70.50% dengan nilai 61 sampai dengan 70 keatas. Kesimpulan penelitian ini dapat dibuktikan dengan hasil koefisien sig = 0.00 < 0.05 dengan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian metode pembelajaran Quiz Team efektif terdahap keaktifan siswa khususnya pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Saran untuk penelitian ini, Untuk Guru metode pembelajaran Quiz Team dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran IPA agar siswa terbiasa untuk aktif dalam aktivitas belajar, Siswa sebaiknya tidak perlu dan takut unutk mencoba menuangkan ide-ide kreatif ide-ide kreatif yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Quiz Team, Keaktifan Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:52
Last Modified: 03 Oct 2022 03:52
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10231

Actions (login required)

View Item View Item