IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI KISAH TELADAN NABI MUHAMMAD DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 15 KEPAHIANG

Silaturrahmi, Fauziah (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI KISAH TELADAN NABI MUHAMMAD DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 15 KEPAHIANG. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
FAUZIAH SILATURRAHMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Kisah Teladan Nabi Muhammad dengan menggunakan video animasi pada siswa kelas V SD Negeri 15 Kepahiang, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi langsung dengan mengamati proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Kisah Teladan Nabi Muhammad dengan menggunakan video animasi. Kemudian wawancara langsung dengan Kepala Sekolah dan guru PAI yang bersangkutan, kemudian dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Kisah Teladan Nabi Muhammad dengan menggunakan video animasi memberikan dampak yang positif bagi siswa. Pada pelaksanaannya, guru menayangkan video animasi melalui beberapa tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Video animasi yang digunakan dalam pembelajaran disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, dan guru mengkomunikasikan kegiatan yang dilaksanakan dengan siswa, serta ada tindak lanjut berupa pemberian tugas dari guru sebagai penguatan materi. Faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi, yakni dari aspek peserta didik yaitu pemahaman peserta didik yang berbeda-beda, kemudian dari aspek guru yaitu, kemampuan guru dalam mengoperasikan komputer, dan aspek sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Video Animasi, Kisah Teladan Nabi Muhammad
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:52
Last Modified: 03 Oct 2022 03:52
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10233

Actions (login required)

View Item View Item