STRATEGI GURU KELAS DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS V SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MIN 5 BENGKULU TENGAH

LESTARI, MIMI (2022) STRATEGI GURU KELAS DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS V SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MIN 5 BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI MIMI LESTARI. PDF.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan akhlak selama pembelajaran jarak jauh, mendeskripsikan strategi guru kelas dalam pembinaan akhlakul karimah siswa kelas serta faktor penghambat selama masa pembelajaran jarak jauh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru kelas dalam melakukan pembinaan akhlak siswa kelas v di MIN 5 Bengkulu Tengah yaitu pendidikan secara langsung dengan cara menasehati, teladan, latihan, pembiasaan seperti larangan untuk melakukan hal yang tidak baik, serta memberi hukuman. Bentuk pembinaan akhlak yang dilaksanakan yaitu sholat dhuha dan dzuhur, membaca do’a, membaca Al-Qur’an, dan infak. Pelaksanaan pembinaan akhlak siswa selama Pembelajaran Jarak Jauh di MIN 5 Bengkulu Tengah dilaksanakan oleh semua elemen yang ada di sekolah baik pendidik maupun tenaga kependidikan. Adapun faktor penghambat strategi guru dalam pembinaan akhlak siswa karena keterbatasan dalam komunikasi, guru dan siswa tidak bertatap muka secara langsung sehingga komunikasi serta pengawasan serta proses pembelajaran menjadi menjadi terkendala dan kurang efektif, masalah sinyal misalnya yang menjadi penghambat dalam proses pembelajaran jarak jauh ini, selain itu ada juga beberapa orang tua yang tidak terlalu paham dengan teknologi. Serta ada juga orang tua yang tidak mampu mengontrol anaknya untuk tetap belajar walaupun di rumah. Hal inilah yang menjadi kendala yang harus dihadapi sekolah dan para guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembinaan Akhlak, Pembelajaran jarak jauh
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:53
Last Modified: 03 Oct 2022 03:53
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10236

Actions (login required)

View Item View Item