IMPLEMENTASI AKAD MUSAQAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI (Studi Pada Petani Karet Desa Suka Banjar Kabupaten Kaur)

Lonica, Thesa (2022) IMPLEMENTASI AKAD MUSAQAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI (Studi Pada Petani Karet Desa Suka Banjar Kabupaten Kaur). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi Thesa Lonica (1811130040) Ekonomi Syariah).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi akad musaqah petani karet di Desa Suka Banjar Kabupaten Kaur dan untuk mengetahui dampak implementasi akad musaqah dalam meningkatkan kesejahteraan petani karet di Desa Suka Banjar Kabupaten Kaur. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data yang dikumpulkan dan diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi akad musaqah di Desa Suka Banjar Kabupaten Kaur menggunakan sistem perjanjian berdasarkan kebiasaan atau adat istiadat masyarakat setempat melalui musyawarah keluarga untuk mencapai kesepakatan yakni perjanjian yang dituangkan secara lisan. Mengenai biaya dalam proses penggarapan ditanggung oleh pihak penggarap dengan persentase pembagian hasil sama rata, di mana baik pihak penggarap maupun pemilik lahan mendapatkan uang setengah dari hasil penjualan getah karet tersebut. Akad musaqah memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat karena mengangkat perekonomian kedua belah pihak baik itu pemilik lahan maupun petani penggarap yang mana sebelum melaksanakan akad musaqah perekonomian mereka hanya pas- pasan, setelah melakukan akad musaqah memenuhi kebutuhan daruriat (primer). Hal ini dapat dilihat dengan terpenuhinya indikator kesejahteraan dari pemeliharaan lima tujuan dasar yang meliputi agama (Hifdzud Din), jiwa atau hidup (Hifdzud Nafs), akal atau intelek (Hifdzud Aql), keturunan atau keluarga (Hifdzud Nasl), dan harta atau kekayaan (Hifdzud Maal).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akad Musaqah, Petani, Kesejahteraan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:56
Last Modified: 03 Oct 2022 03:56
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10264

Actions (login required)

View Item View Item