SISTEM BAGI HASIL USAHA TERNAK SAPI DI TINJAU AKAD MUDHARABAH (Studi Desa Riak Siabun Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma)

Yustika, Miya (2022) SISTEM BAGI HASIL USAHA TERNAK SAPI DI TINJAU AKAD MUDHARABAH (Studi Desa Riak Siabun Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MIYA YUSTIKA 1811130081.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem bagi hasil usaha ternak sapi di Desa Riak Siabun serta pembagian hasil penjualan ternak yang dilakukan oleh shahibul mal dan mudharib sesuai kesepakatan. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data primer dan skunder. Dengan teknik analisis teknik purposive sampling yang pengambilan sumber data dengan penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yang bertujuan agar data yang diperoleh lebih tepat. Terdapat 20 informan dari 64 informan peternak. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa sistem bagi hasil usaha ternak sapi di Desa Riak Siabun setelah ditinjau menggunakan akad mudharabah dalam penerapannya modal 100% diberikan untuk mudharib dan pembagian hasil keuntungan yang telah disepakati yaitu 60 : 40 % nilai keuntungan telah sesuai dengan keadilan dan porsi tanggung jawab, karna mudhadarabah dalam pembagian keuntungannya diperoleh dalam kerja sama ini dibagi menurut kesepakatan kedua belah pihak. Jika terjadi keterlambatan waktu dalam penjualan ternak sapi peternak dan pemilik modal sepakat untuk menambah waktu satu tahun dalam pemeliharaan dan nilai keuntungan masih 60 % untuk peternak dan 40 % untuk pemilik modal. Peternak memiliki resiko bertanggung jawab dalam pemeliharaan hewan ternak karena telah ada kesepakatan dari awal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Bagi Hasil, Mudharabah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:56
Last Modified: 03 Oct 2022 03:56
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10267

Actions (login required)

View Item View Item