IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN MODEL GAMIFICATION DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ASPEK AFEKTIF SISWA DI SMK NEGERI 2 BENGKULU UTARA

Pristiana, Pristiana (2022) IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN MODEL GAMIFICATION DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ASPEK AFEKTIF SISWA DI SMK NEGERI 2 BENGKULU UTARA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
PRISTIANA (1811210101) PAI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran tidak terlepas dari peran seorang guru yang bertugas sebagai pengelola pembelajaran di kelas dan menggunakan berbagai cara untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Hal ini tidak terlepas dari model/metode pembelajaran yang diterapkan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi, faktor penghambat dan pendukung evaluasi pembelajaran model gamification dalam pelajaran pendidikan agama islam pada aspek afektif siswa di SMK Negeri 2 Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseacrh) dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah waka kurikulum, guru PAI dan perwakilan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan evaluasi pembelajaran model gamification dalam pelajaran pendidikan agama islam pada aspek afektif siswa di SMK Negeri 2 Bengkulu Utara dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa, yang terlihat pada bagaimana cara anak merespon pembelajaran, menyelesaikan tugas yang diberikan, dan perhatian terhadap materi yang disampaikan, dan beberapa faktor pendukung yaitu tersediannya wifi, minat siswa, kesiapan guru, tersedia media infocus serta faktor penghabat berupa lemahnya sinyal wifi, membutuhkan waktu untuk mengkordinir anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Model Gamification, Aspek Afektif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:58
Last Modified: 03 Oct 2022 03:58
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10289

Actions (login required)

View Item View Item