PENGARUH TINGKAT PENDIDKAN FORMAL ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTsS 01 DARUSSALAM KELAS VII KEPAHIANG BENGKULU

Anggraini, Puri (2022) PENGARUH TINGKAT PENDIDKAN FORMAL ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTsS 01 DARUSSALAM KELAS VII KEPAHIANG BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
PURI ANGGRAINI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini apakah ada pengaruh tingkat pendidikan formal orang tua terhadap hasil belajar siswa di MTsS 01 Darussalam kelas VII Kepahiang Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan formal orang tua terhadap hasil belajar siswa di MTsS 01 Darussalam kelas VII Kepahiang Bengkulu. Adapun. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif kausal. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 235 siswa. Pengambilan sampel 10% dari jumlah populasi maka jumlah sampel siswa diambil 23 siswa dilakukan secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan Angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dengan uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan terhadap 20 siswa diluar subjek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif data, uji prasyarat, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan formal orang tua (X) terhadap Hasil Belajar Siswa (Y) kelas VII di MTsS 01 xvii Darussalam Kepahiang Bengkulu. Berdasarkan hasil uji f hitung sebesar 0,713 dengan signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan regresi dapat diketahui bahwa koefisien determinasi (R square) yang diperoleh sebesar 0,708. Hal ini berarti 70,8% hasil belajar siswa kelas VII MTsS 01 Darussalam Kepahiang Bengkulu yang dipengaruhi oleh variabel tingkat pendidikan formal orang tua, sedangkan sisanya yaitu 29% hasil belajar siswa kelas VII MTsS 01 Darussalam dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan Formal Orang Tua, Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:58
Last Modified: 03 Oct 2022 03:58
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10291

Actions (login required)

View Item View Item