ANALISIS NILAI EKONOMI ISLAM PADA PRAKTIK ARISAN SEMBAKO UNTUK BIAYA IDUL FITRI ( Studi di Desa Bintunan Kecamatan Batiknau Kabupaten Bengkulu Utara )

Lesvita, Ines (2022) ANALISIS NILAI EKONOMI ISLAM PADA PRAKTIK ARISAN SEMBAKO UNTUK BIAYA IDUL FITRI ( Studi di Desa Bintunan Kecamatan Batiknau Kabupaten Bengkulu Utara ). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi Ines Lesvita NIM.1811130070.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu pertama, untuk mengetahui bagaimana praktik dari arisan sembako untuk biaya Idul Fitri yang dilakukan oleh warga desa Bintunan Kecamatan Batiknau Kabupaten Bengkulu Utara, dan untuk mengetahui bagaiamana Analisis Nilai Ekonomi Islam yang terdapat pada praktik arisan sembako untuk biaya Idul Fitri di Desa Bintunan Kecamatan Batiknau Kabupaten Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik arisan sembako untuk biaya Idul Fitri di Desa Bintunan Kecamatan Batiknau Kabupaten Bengkulu Utara dilakukan sesuai dengan kesepakatan seluruh anggota atas dasar keinginan mereka sendiri karena dirasa arisan yang dilakukan bernilai positif dapat meringankan biaya bahan sembako menjelang Idul Fitri dan mendekatkan hubungan bertetangga antar anggota arisan itu sendiri. Untuk analisis nilai ekonomi Islam pada praktik arisan sembako untuk biaya Idul Fitri ini secara pelaksanaan sudah sesuai dengan nilai ekonomi Islam dan tidak sama sekali mengandung unsur judi, pemerasaan, penipuan, keterpaksaan. Namun pada pelaksanaan ini terdapat satu hal yang bertentangan dengan nilai ekonomi ahklak atau mengambil keuntungan secara pribadi yaitu terdapat pemotongan uang sebesar Rp.50.000 yang dilakukan oleh pengelola arisan bagi anggota yang ingin m enganti sembako dengan uang

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nilai Ekonomi Islam, Arisan sembako Dan Idul Fitri
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:00
Last Modified: 03 Oct 2022 04:00
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10306

Actions (login required)

View Item View Item